Monday 26 November 2012

Metode-Metode Alinea



Metode Definisi
Istilah verwaltungsakt pertama kali diperkenalkan oleh seorang sarjana Jerman, Otto Meyer. Kemudian, istilah ini terkenal dengan sebutan beschikking di  negeri Belanda. Lalu, diperkenalkan di Indonesia oleh WF. Prins dan diterjemahkan menjadi “ketetapan”.  Terdapat perbedaan pendapat di kalangan para sarjana dalam mendefinisikannya, tetapi pada intinya istilah ini memiliki arti “suatu tindakan hukum publik sepihak dari organ pemerintahan yang ditujukan pada peristiwa konkret”.

2.                 Metode Proses
Proses pembuatan telur dadar adalah sebagai berikut. Mula-mula siapkan telur, garam, merica,dan daun bawang. Kemudian, semua bahan tadi diaduk hingga merata. Setelah itu, panaskan wajan dengan margarin secukupnya. Lalu, goreng adonan tadi hingga berwarna kuning kecoklatan. Akhirnya telur dadar siap untuk dihidangkan.

3.                 Metode Contoh
Seperti layaknya negeri dongeng, di taman bermain bernama Disneyland Hongkong pun terdapat kastil yang ditinggali oleh puteri raja yang hanya ada dalam negeri dongeng seperti Cinderella, Aurora, Bella, Snow White, dan sebagainya. Dekorasi kastil pun sangat detail, sehingga membuat kita seperti ada dalam negeri dongeng dalam film kartun. Di negeri dongeng, terdapat sihir ataupun hal yang tak masuk akal. Hal itulah yang membedakan negeri dongeng dengan Disneyland Hongkong. 

4.                 Metode Sebab Akibat
Peristiwa bencana alam banyak terjadi belakangan ini. Salah satunya adalah tsunami di Jepang. Tsunami disebabkan oleh gerakan vertikal pada kerak bumi yang mengakibatkan dasar laut naik atau turun secara tiba-tiba. Hal itu mengakibatkan adanya gangguan keseimbangan pada air yang berada di atasnya. Maka terjadilah aliran energi air laut. Apabila hal itu terjadi, maka ketika sampai di pantai akan menjadi gelombang besar yang mengakibatkan terjadinya tsunami.

5.                 Metode Umum Khusus
Indonesia merupakan salah satu negara termacet di dunia. Kita dapat memperhatikan bahwa Indonesia memiliki sistem transportasi yang buruk, tata kota kurang baik, buruknya pembangunan fasilitas umum, dan munculnya ratusan kendaraan baru setiap harinya. Hal-hal itulah yang mengakibatkan Indonesia masuk ke dalam nominasi 20 negara termacet sedunia. 

6.                 Metode Campuran
Coklat memiliki cita rasa yang sangat lezat. Banyak orang yang menyukainya, terutama kalangan wanita. Makanan ini cocok untuk hadiah di hari Valentine. Cara membuatnya sangat mudah, mula-mula tim coklat masak tersebut. Lalu, tuang ke cetakan dengan bentuk yang anda suka. Kemudian, biarkan cairan coklat dalam cetakan tadi mengeras. Setelah mengeras, keluarkan coklat dari cetakan dan coklat siap untuk dihadiahkan pada orang yang anda kasihi. 

Metode Perbandingan
Indonesia dan Mesir memiliki beberapa persamaan dan perbedaan. Di antara kedua negara ini, terdapat perbedaan yang mendasar yaitu Indonesia adalah negara kepulauan sedangkan Mesir merupakan negara kesatuan. Mengenai persamaannya, revolusi Mesir dan Indonesia sama-sama menjatuhkan seorang jenderal yakni Hosni Mubarak dan Soeharto.

Metode Klasifikasi
Apabila kita mempelajari penggolongan binatang berdasarkan jenis makanannya, maka kita akan menemukan 3 kelompok yaitu kelompok herbivora, karnivora, dan omnivora. Herbivora adalah jenis hewan yang memakan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti daun, kayu, biji, buah, bunga, dan lain sebagainya. Carnivora adalah jenis binatang yang memakan makanan yang berasal dari tubuh hewan lainnya seperti daging, darah, dan sebagainya. Omnivora adalah jenis hewan yang memakan makanan keduanya baik tumbuhan maupun hewan.

No comments:

Post a Comment