Sunday, 5 January 2014

Pengalaman Mengikuti Ujian Masuk S2 Universitas Indonesia (TPA & Bahasa Inggris)

Haloo.. 
Hari ini aku tidak akan membahas mengenai make up.
Aku ingin share tentang pengalamanku mengikuti ujian masuk Universitas Indonesia, yang berupa Tes Potensi Akademik + Bahasa Inggris.

Apakah kalian bertanya-tanya, kenapa aku tidak membahas make up? 
Bukankah ini adalah beauty blog?
Maaf yaa... 
Ini bukan hanya beauty blog, tapi blog yang membahas tentang apapun yang aku alami, dan aku ingin membagi info penting yang aku ketahui pada pembaca blogku. Hehe






.
.

Cerita Tentang 3hari di UI Depok

Ujian tersebut aku jalani tanggal 1 Desember 2013 di Gedung Teknik Universitas Indonesia, Depok. 
Awalnya bingung juga karena belum pernah ke Depok.
Kepikiran juga tentang tempat tinggal, lokasi ujian, 
Akhirnya setelah searching di google, aku mendapat info bahwa bisa menginap di Wisma Makara ( Wisma yang berada di area UI).
Nah, untuk kalian yang ingin mendaftar ujian masuk UI seperti aku, bisa menginap di Wisma Makara ini. Jangan lupa untuk booking wismanya dari jauh-jauh hari ya, sebab wisma ini ramai sekali (sering ada acara disini).
Info selengkapnya mengenai Wisma Makara bisa ke http://wismamakara.ui.ac.id/

2hari sebelum ujian, aku sudah berangkat ke Jakarta naik kereta. 
Sesampainya di Jatinegara, aku membeli tiket untuk naik CommuterLine (KRL) ke Universitas Indonesia. 
Saat di KRL, jangan sampai ketiduran ya karena berhentinya hanya sebentar saja.


Peta Rute KRL Jabodetabek

Nah, setelah sampai di stasiun UI Depok, selanjutnya kamu bisa naik ojek ke Wisma Makara.
Cukup membayar IDR 7000 ^^

Di Wisma Makara, kamu bisa makan di asrama UI yang terletak bersebelahan dengan wisma tersebut.
Sayang sekali menurutku kantin asrama tersebut kurang higienis sebab banyak kucing yang ikut makan juga di meja makan atau tidur di kursi, ada anjing berkeliaran juga.
Jadi, kita makan bersama kucing... Haha.
Untungnya aku tidak takut kucing... Terkadang terpikir juga, gimana ya yang lihat kucing aja udah teriak-teriak :p
Tapi tenang saja, kucing-kucing tersebut bersih kok bulunya (menenangkan diri) haha
Lupakan soal kucingnya, ngomong-ngomong soal makanan, disini makanannya enak dan murah. Cocok untuk kantong mahasiswa. ^^
Aku membeli ayam + nasi harganya IDR 10.000

Kamu bisa berkeliling di UI Depok menggunakan Bis Kuning yang disediakan gratis oleh UI lho... Untuk naik bis kuning ini, kamu cukup menunggu di haltenya saja.
Sayang sekali, pada hari Minggu (Hari ujian) bis kuning tidak beroperasi :(
Jadi kamu bisa menggunakan ojek UI hehe
.
.

TIPS MENGHADAPI TES POTENSI AKADEMIK

Karena aku mengikuti ujiannya di UI, maka aku memberi saran tentang yang aku sudah alami yaa...

YANG WAJIB DIBAWA :
1. Kartu ujian (yang harus diprint berwarna)
JANGAN DILAMINATING sebab akan ditandatangani oleh pengawas ujian.
2. Tanda pengenal (harus sesuai dengan tanda pengenal saat kamu mendaftar)
3. Bolpoin (untuk tanda tangan saat ujian)
4. Pensil 2B for computer
5. Asahan
6. Penghapus

YANG TIDAK BOLEH DIBAWA SAAT UJIAN :
1. Jam tangan (waktu akan diberitahu oleh pengawas ujian)
2. Tempat pensil (pakai plastik bening saja untuk bawa perlengkapan ujian)
3. Alat komunikasi harus dimatikan (pastinya dong)

Ingat!!
Jangan sampai perlengkapan ujian tidak dibawa ya, misal lupa bawa penghapus...
Bisa repot nantinya, sebab tidak boleh meminjam ke teman sebelah saat ujian....

PASTIKAN HAL BERIKUT INI SEBELUM BERANGKAT KE LOKASI UJIAN :
1. Kamu harus tahu lokasi ujian maksimal sehari sebelum ujian agar pada hari H kamu tidak panik mencari-cari lokasi ujian.
2. Periksa kembali kelengkapan perlengkapan ujian (bolpoin, pensil 2B, dsb yang disebut diatas).
3. Bawalah air minum dan roti untuk dimakan saat istirahat.
4. Jangan lupa bawa kartu identitas
5. Berpakaianlah yang nyaman dan rapi (jangan gunakan pakaian yang sesak atau kekecilan, misal baju kekecilan lalu pas ujian sibuk tarik-tarik baju ke bawah untuk menutupi ** lol)
6. Pakai sepatu ya, jangan sendal jepit hehehe
7. Kalau bisa ke lokasi ujian diantar saja / naik ojek, agar tidak pusing mencari tempat parkir.

Jangan sampai terlambat datang ya. Sebab kalau sudah terlambat, pasti akan panik dan tidak konsentrasi untuk mengerjakan soal TPA.
Apalagi waktu mengerjakannya sangat singkat....

TIPS MENGHADAPI TPA:
1. Latihan terlebih dulu ! Jangan ragu untuk membeli buku yang berisi soal TPA!! Ini sangat membantu lho. Tapi hati-hati, jangan percaya 100% pada jawabannya, sebab buku TPA yang aku beli menyesatkan (pengalaman pribadi).
2. Search di google apa itu TPA, contoh TPA seperti apa, agar tidak kaget saat mengerjakan TPA nantinya.
3. Berlatihlah soal-soal matematika dan juga bahasa inggris.

.
.

PEMBAHASAN SINGKAT MENGENAI TPA

TPA / Tes potensi akademik adalah tolok ukur untuk menilai tingkat kecerdasan seseorang terkait bidang akademik.

.
.

CONTOH SOAL TES POTENSI AKADEMIK (TPA) Universitas Indonesia

Saat aku mengikuti ujian TPA di UI, tes Potensi Akademik ini diberi waktu 2jam.
Tapi hati-hati, bukan berarti kamu diberi soal TPA, lalu 2jam kemudian barulah soal dan jawabanmu diambil pengawas.
Pada ujian TPA UI, 2jam ini dibagi-bagi lagi.
Jadi, kamu akan diberi beberapa kelompok soal TPA.
Misalnya, untuk 45menit pertama, kamu harus mengerjakan soal tes verbal terlebih dulu. Lewat 45menit, maka soal itu akan diambil pengawas, dan kamu tidak bisa lagi membaca soal tersebut. Oleh sebab itu, gunakan waktu yang ada sebaik-baiknya ya.

Oh ya, jangan asal mengisi apabila kamu tidak yakin benar soal yang kamu jawab.
Kenapa?
Karena pada TPA UI, jawaban yang salah dinilai -1, jawaban benar +4, jawaban kosong 0.
Hati-hati ya dalam menjawab, teman-teman.

Nah, aku akan memberikan contoh soal TPA UI agar teman-teman calon mahasiswa UI mendapat gambaran. Tidak blank ketika ujian hehe.

.
.

TES VERBAL

Tes Persamaan Kata (Sinonim)

1. Kualitas =
a. Dimensi
b. Mutu
c. Khayal
d. Dimensi
e. Harapan

2. Ambigu =
a. Mendua
b. Bingung
c. Tidak tentu
d. Tidak ada keputusan
e. Mengambang

3. Korelasi =
a. Identifikasi
b. Gambaran
c. Sublimasi
d. Harapan
e. Hubungan sebab akibat

4. Tangkal =
a. Mempan
b. Rangkul
c. Lelang
d. Tak mempan
e. Cegah

Tes Lawan Kata (Antonim)

1. Pasca
a. Pra
b. Satu
c. Akhir
d. Selesai
e. Tamat

2. Nomaden
a. Berpindah-pindah
b. Menetap
c. Berhenti sejenak
d. Senang
e. Melawan

3. Profit
a. Kerugian
b. Keuntungan
c. Kelemahan
d. Kebahagiaan
e. Impas

4. Frekuen
a. Berhenti
b. Seperti
c. Tergantung
d. Jarang
e. Berdiri sendiri

Tes Padanan Hubungan (Analogi)

1. Susu : Gelas =
a. Bubur : Piring
b. Nasi : Kebuli
c. Susu : Sapi
d. Rendang : Padang
e. Bubur : Kacang Hijau

2. Padi : Petani =
a. Pedagang : Pasar
b. Petani : Jagung
c. Padi : Panen
d. Pilot : Pesawat
e. Puisi : Penyair

Tes Logika

1. Tidak ada dua perhiasan berlian yang mempunyai kilau yang sama.
Cincin X dan Y terbuat dari berlian.
Kesimpulan:
A. hanya cincin X dan Y yang berbeda kilaunya
B. Cincin berlian X dan Y mempunyai kilau yang berbeda.
C. Semua cincin berlian memiliki kilau yang berbeda dengan cincin X dan Y
D. Ada cincin berlian selain cincin X dan Y yang memiliki kilau.
E. Semua perhiasan yang sama bentuk dengan cincin X dan Y pasti berkilau.

2. Hanya barang-barang dari plastik yang dijual di toko Kurnia.
Tekstil terbuat dari bahan dasar kapas.
Kesimpulan:
A. Barang plastik hanya dijual di toko Kurnia
B. Semua barang di toko Kurnia bahan dasarnya plastik
C. Tidak ada tekstil yang dijual di toko kurnia.
D. Toko kurnia menjual barang dari kapas dan plastik.
E. Di toko Kurnia terdapat segalam macam barang .

3. Seorang penyiar radio harus memutar lagu yang dipesan pendengar. Lagu yang dipesan
pendengar A akan diputar menjelang akhir acara, lagu pendengar B akan diputar lebih dahulu dari lagu yang dipesan A tetapi bukan sebagai lagu pembuka. Lagu yang dipesan pendengar D dan E diputar berurutan di antara lagu pendengar B dan C. Pesanan lagu siapakah yang diputar paling awal?
A. A
B. B
C. C
D. D
E. E

4. Siska harus kursus bahasa Mandarin setiap Kamis. Sedangkan Julia kursus bahasa Inggris
tiga kali seminggu setiap selasa, rabu dan kamis. Sementara Weni harus kursus bahasa Jepang pada hari yang sama dengan Julia kecuali hari rabu. Linda kursus computer setiap Rabu. Siapakah yang pergi kursus pada hari yang sama setiap minggu?
A. Linda, Siska, dan Weni
B. Julia, Linda, dan Weni
C. Linda dan Siska
D. Weni dan Linda

E. Siska dan Weni

Perhatian : Untuk no 3 dan 4, soal TPA UI asli tidak semudah ini. Soalnya lebih rumit, berupa bacaan mirip diatas, dan dibagi menjadi beberapa pertanyaan.
Pastikan kamu benar dalam membuat kesimpulan. Sebab apabila kamu salah 1, artinya kamu akan salah semua jawabannya dalam 1 bacaan logika.

TES  ANGKA

1. Dalam sebuah kandang terdapat 50 ekor ayam, 27 ekor ayam jantan, 18 di antaranya hitam, yang hitam semuanya berjumlah 35 ekor. Maka banyaknya ayam betina yang tidak hitam adalah...
a. 6
b. 2
c. 10
d. 12
e. 7

2. Sepuluh tukang membuat pondasi selesai 12 hari. Berapa tukangkah yang dibutuhkan untuk membuat pondasi dalam 1/2 hari?
a. 192 tukang
b. 240 tukang
c. 100 tukang
d. 300 tukang
e. 210 tukang

3. Waktu di kota A adalah 3jam lebih cepat daripada kota B. Sebuah kapal terbang berangkat dari kota A menuju kota B pada pukul 5 pagi dan tiba 4 jam kemudian. Pada pukul berapakah kapal terbang tersebut tiba di kota B?
a. 9 pagi
b. 6 pagi
c. 4 pagi
d. 3 pagi
e. 2 pagi

4. 9 adalah 150% dari :
a. 3
b. 6
c. 12
d. 15
e. 7.5

Untuk soal matematika, pelajari juga mengenai bagaimana menentukan nilai rata-rata.
Aku lebih fokus ke logika verbal, sebab sudah lupa matematika. Maklum sudah tidak lihat matematika lagi selama 4tahun. LoL

.
.

DAFTAR PUSTAKA

1. Pranowo Hadi, 4 Jam Menguasai TPA, Platinum, 2013.

2. Bebrapa soal logika angka diakses dari www.nafismudrika.wordpress.com tanggal 5 Januari 2014

.
.

Nah, itulah kira-kira yang bisa aku share mengenai kira-kira TPA seperti apa.
Apakah sekarang kamu sudah ada gambaran? hehe

Kalau kamu juga calon mahasiswa UI, yuk komen di blog atau PM di Facebook ku.
Mau tanya-tanya seputar TPA atau ujian masuknya juga boleh, aku jawab sebisaku ^^