Sunday, 5 January 2014

Pengalaman Mengikuti Ujian Masuk S2 Universitas Indonesia (TPA & Bahasa Inggris)

Haloo.. 
Hari ini aku tidak akan membahas mengenai make up.
Aku ingin share tentang pengalamanku mengikuti ujian masuk Universitas Indonesia, yang berupa Tes Potensi Akademik + Bahasa Inggris.

Apakah kalian bertanya-tanya, kenapa aku tidak membahas make up? 
Bukankah ini adalah beauty blog?
Maaf yaa... 
Ini bukan hanya beauty blog, tapi blog yang membahas tentang apapun yang aku alami, dan aku ingin membagi info penting yang aku ketahui pada pembaca blogku. Hehe






.
.

Cerita Tentang 3hari di UI Depok

Ujian tersebut aku jalani tanggal 1 Desember 2013 di Gedung Teknik Universitas Indonesia, Depok. 
Awalnya bingung juga karena belum pernah ke Depok.
Kepikiran juga tentang tempat tinggal, lokasi ujian, 
Akhirnya setelah searching di google, aku mendapat info bahwa bisa menginap di Wisma Makara ( Wisma yang berada di area UI).
Nah, untuk kalian yang ingin mendaftar ujian masuk UI seperti aku, bisa menginap di Wisma Makara ini. Jangan lupa untuk booking wismanya dari jauh-jauh hari ya, sebab wisma ini ramai sekali (sering ada acara disini).
Info selengkapnya mengenai Wisma Makara bisa ke http://wismamakara.ui.ac.id/

2hari sebelum ujian, aku sudah berangkat ke Jakarta naik kereta. 
Sesampainya di Jatinegara, aku membeli tiket untuk naik CommuterLine (KRL) ke Universitas Indonesia. 
Saat di KRL, jangan sampai ketiduran ya karena berhentinya hanya sebentar saja.


Peta Rute KRL Jabodetabek

Nah, setelah sampai di stasiun UI Depok, selanjutnya kamu bisa naik ojek ke Wisma Makara.
Cukup membayar IDR 7000 ^^

Di Wisma Makara, kamu bisa makan di asrama UI yang terletak bersebelahan dengan wisma tersebut.
Sayang sekali menurutku kantin asrama tersebut kurang higienis sebab banyak kucing yang ikut makan juga di meja makan atau tidur di kursi, ada anjing berkeliaran juga.
Jadi, kita makan bersama kucing... Haha.
Untungnya aku tidak takut kucing... Terkadang terpikir juga, gimana ya yang lihat kucing aja udah teriak-teriak :p
Tapi tenang saja, kucing-kucing tersebut bersih kok bulunya (menenangkan diri) haha
Lupakan soal kucingnya, ngomong-ngomong soal makanan, disini makanannya enak dan murah. Cocok untuk kantong mahasiswa. ^^
Aku membeli ayam + nasi harganya IDR 10.000

Kamu bisa berkeliling di UI Depok menggunakan Bis Kuning yang disediakan gratis oleh UI lho... Untuk naik bis kuning ini, kamu cukup menunggu di haltenya saja.
Sayang sekali, pada hari Minggu (Hari ujian) bis kuning tidak beroperasi :(
Jadi kamu bisa menggunakan ojek UI hehe
.
.

TIPS MENGHADAPI TES POTENSI AKADEMIK

Karena aku mengikuti ujiannya di UI, maka aku memberi saran tentang yang aku sudah alami yaa...

YANG WAJIB DIBAWA :
1. Kartu ujian (yang harus diprint berwarna)
JANGAN DILAMINATING sebab akan ditandatangani oleh pengawas ujian.
2. Tanda pengenal (harus sesuai dengan tanda pengenal saat kamu mendaftar)
3. Bolpoin (untuk tanda tangan saat ujian)
4. Pensil 2B for computer
5. Asahan
6. Penghapus

YANG TIDAK BOLEH DIBAWA SAAT UJIAN :
1. Jam tangan (waktu akan diberitahu oleh pengawas ujian)
2. Tempat pensil (pakai plastik bening saja untuk bawa perlengkapan ujian)
3. Alat komunikasi harus dimatikan (pastinya dong)

Ingat!!
Jangan sampai perlengkapan ujian tidak dibawa ya, misal lupa bawa penghapus...
Bisa repot nantinya, sebab tidak boleh meminjam ke teman sebelah saat ujian....

PASTIKAN HAL BERIKUT INI SEBELUM BERANGKAT KE LOKASI UJIAN :
1. Kamu harus tahu lokasi ujian maksimal sehari sebelum ujian agar pada hari H kamu tidak panik mencari-cari lokasi ujian.
2. Periksa kembali kelengkapan perlengkapan ujian (bolpoin, pensil 2B, dsb yang disebut diatas).
3. Bawalah air minum dan roti untuk dimakan saat istirahat.
4. Jangan lupa bawa kartu identitas
5. Berpakaianlah yang nyaman dan rapi (jangan gunakan pakaian yang sesak atau kekecilan, misal baju kekecilan lalu pas ujian sibuk tarik-tarik baju ke bawah untuk menutupi ** lol)
6. Pakai sepatu ya, jangan sendal jepit hehehe
7. Kalau bisa ke lokasi ujian diantar saja / naik ojek, agar tidak pusing mencari tempat parkir.

Jangan sampai terlambat datang ya. Sebab kalau sudah terlambat, pasti akan panik dan tidak konsentrasi untuk mengerjakan soal TPA.
Apalagi waktu mengerjakannya sangat singkat....

TIPS MENGHADAPI TPA:
1. Latihan terlebih dulu ! Jangan ragu untuk membeli buku yang berisi soal TPA!! Ini sangat membantu lho. Tapi hati-hati, jangan percaya 100% pada jawabannya, sebab buku TPA yang aku beli menyesatkan (pengalaman pribadi).
2. Search di google apa itu TPA, contoh TPA seperti apa, agar tidak kaget saat mengerjakan TPA nantinya.
3. Berlatihlah soal-soal matematika dan juga bahasa inggris.

.
.

PEMBAHASAN SINGKAT MENGENAI TPA

TPA / Tes potensi akademik adalah tolok ukur untuk menilai tingkat kecerdasan seseorang terkait bidang akademik.

.
.

CONTOH SOAL TES POTENSI AKADEMIK (TPA) Universitas Indonesia

Saat aku mengikuti ujian TPA di UI, tes Potensi Akademik ini diberi waktu 2jam.
Tapi hati-hati, bukan berarti kamu diberi soal TPA, lalu 2jam kemudian barulah soal dan jawabanmu diambil pengawas.
Pada ujian TPA UI, 2jam ini dibagi-bagi lagi.
Jadi, kamu akan diberi beberapa kelompok soal TPA.
Misalnya, untuk 45menit pertama, kamu harus mengerjakan soal tes verbal terlebih dulu. Lewat 45menit, maka soal itu akan diambil pengawas, dan kamu tidak bisa lagi membaca soal tersebut. Oleh sebab itu, gunakan waktu yang ada sebaik-baiknya ya.

Oh ya, jangan asal mengisi apabila kamu tidak yakin benar soal yang kamu jawab.
Kenapa?
Karena pada TPA UI, jawaban yang salah dinilai -1, jawaban benar +4, jawaban kosong 0.
Hati-hati ya dalam menjawab, teman-teman.

Nah, aku akan memberikan contoh soal TPA UI agar teman-teman calon mahasiswa UI mendapat gambaran. Tidak blank ketika ujian hehe.

.
.

TES VERBAL

Tes Persamaan Kata (Sinonim)

1. Kualitas =
a. Dimensi
b. Mutu
c. Khayal
d. Dimensi
e. Harapan

2. Ambigu =
a. Mendua
b. Bingung
c. Tidak tentu
d. Tidak ada keputusan
e. Mengambang

3. Korelasi =
a. Identifikasi
b. Gambaran
c. Sublimasi
d. Harapan
e. Hubungan sebab akibat

4. Tangkal =
a. Mempan
b. Rangkul
c. Lelang
d. Tak mempan
e. Cegah

Tes Lawan Kata (Antonim)

1. Pasca
a. Pra
b. Satu
c. Akhir
d. Selesai
e. Tamat

2. Nomaden
a. Berpindah-pindah
b. Menetap
c. Berhenti sejenak
d. Senang
e. Melawan

3. Profit
a. Kerugian
b. Keuntungan
c. Kelemahan
d. Kebahagiaan
e. Impas

4. Frekuen
a. Berhenti
b. Seperti
c. Tergantung
d. Jarang
e. Berdiri sendiri

Tes Padanan Hubungan (Analogi)

1. Susu : Gelas =
a. Bubur : Piring
b. Nasi : Kebuli
c. Susu : Sapi
d. Rendang : Padang
e. Bubur : Kacang Hijau

2. Padi : Petani =
a. Pedagang : Pasar
b. Petani : Jagung
c. Padi : Panen
d. Pilot : Pesawat
e. Puisi : Penyair

Tes Logika

1. Tidak ada dua perhiasan berlian yang mempunyai kilau yang sama.
Cincin X dan Y terbuat dari berlian.
Kesimpulan:
A. hanya cincin X dan Y yang berbeda kilaunya
B. Cincin berlian X dan Y mempunyai kilau yang berbeda.
C. Semua cincin berlian memiliki kilau yang berbeda dengan cincin X dan Y
D. Ada cincin berlian selain cincin X dan Y yang memiliki kilau.
E. Semua perhiasan yang sama bentuk dengan cincin X dan Y pasti berkilau.

2. Hanya barang-barang dari plastik yang dijual di toko Kurnia.
Tekstil terbuat dari bahan dasar kapas.
Kesimpulan:
A. Barang plastik hanya dijual di toko Kurnia
B. Semua barang di toko Kurnia bahan dasarnya plastik
C. Tidak ada tekstil yang dijual di toko kurnia.
D. Toko kurnia menjual barang dari kapas dan plastik.
E. Di toko Kurnia terdapat segalam macam barang .

3. Seorang penyiar radio harus memutar lagu yang dipesan pendengar. Lagu yang dipesan
pendengar A akan diputar menjelang akhir acara, lagu pendengar B akan diputar lebih dahulu dari lagu yang dipesan A tetapi bukan sebagai lagu pembuka. Lagu yang dipesan pendengar D dan E diputar berurutan di antara lagu pendengar B dan C. Pesanan lagu siapakah yang diputar paling awal?
A. A
B. B
C. C
D. D
E. E

4. Siska harus kursus bahasa Mandarin setiap Kamis. Sedangkan Julia kursus bahasa Inggris
tiga kali seminggu setiap selasa, rabu dan kamis. Sementara Weni harus kursus bahasa Jepang pada hari yang sama dengan Julia kecuali hari rabu. Linda kursus computer setiap Rabu. Siapakah yang pergi kursus pada hari yang sama setiap minggu?
A. Linda, Siska, dan Weni
B. Julia, Linda, dan Weni
C. Linda dan Siska
D. Weni dan Linda

E. Siska dan Weni

Perhatian : Untuk no 3 dan 4, soal TPA UI asli tidak semudah ini. Soalnya lebih rumit, berupa bacaan mirip diatas, dan dibagi menjadi beberapa pertanyaan.
Pastikan kamu benar dalam membuat kesimpulan. Sebab apabila kamu salah 1, artinya kamu akan salah semua jawabannya dalam 1 bacaan logika.

TES  ANGKA

1. Dalam sebuah kandang terdapat 50 ekor ayam, 27 ekor ayam jantan, 18 di antaranya hitam, yang hitam semuanya berjumlah 35 ekor. Maka banyaknya ayam betina yang tidak hitam adalah...
a. 6
b. 2
c. 10
d. 12
e. 7

2. Sepuluh tukang membuat pondasi selesai 12 hari. Berapa tukangkah yang dibutuhkan untuk membuat pondasi dalam 1/2 hari?
a. 192 tukang
b. 240 tukang
c. 100 tukang
d. 300 tukang
e. 210 tukang

3. Waktu di kota A adalah 3jam lebih cepat daripada kota B. Sebuah kapal terbang berangkat dari kota A menuju kota B pada pukul 5 pagi dan tiba 4 jam kemudian. Pada pukul berapakah kapal terbang tersebut tiba di kota B?
a. 9 pagi
b. 6 pagi
c. 4 pagi
d. 3 pagi
e. 2 pagi

4. 9 adalah 150% dari :
a. 3
b. 6
c. 12
d. 15
e. 7.5

Untuk soal matematika, pelajari juga mengenai bagaimana menentukan nilai rata-rata.
Aku lebih fokus ke logika verbal, sebab sudah lupa matematika. Maklum sudah tidak lihat matematika lagi selama 4tahun. LoL

.
.

DAFTAR PUSTAKA

1. Pranowo Hadi, 4 Jam Menguasai TPA, Platinum, 2013.

2. Bebrapa soal logika angka diakses dari www.nafismudrika.wordpress.com tanggal 5 Januari 2014

.
.

Nah, itulah kira-kira yang bisa aku share mengenai kira-kira TPA seperti apa.
Apakah sekarang kamu sudah ada gambaran? hehe

Kalau kamu juga calon mahasiswa UI, yuk komen di blog atau PM di Facebook ku.
Mau tanya-tanya seputar TPA atau ujian masuknya juga boleh, aku jawab sebisaku ^^

189 comments:

  1. wahhh ambil jurusan apaa?
    dulu aku kuliah d UI, daerah wisma makara agak2 serem gimana gituuu XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ambil Magister Kenotariatan. km ambil apa dulu di UI? wah cc senior dong :3
      Wkwk iyaaa masa wkt buka kamar mandinya ada clana dlm ketglan d situ LoL

      Delete
    2. Selamat siang vania, kebetulan saya juga ambil magister kenotariatan.
      Apakah vania tahu tentang kira2 jadwal kuliah dari magister kenotariatan pada semester genap ini? mohon sharingnya, karena saya juga bekerja di Perusahaan swasta.
      Terima kasih

      Delete
  2. Gilaaa murah banget nasi+ayam cuma 10.000 0_O
    Di tempatku 15.000.hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk iyaa murah ya... Tapi di yogya lebih murah.. wktu tu beli ikan lele + nasi + es teh = 5000 XD

      Delete
  3. aku juga kuliah di UI ci >.< hihi
    di kantin situ emang murah2 ci, ayam penyet nya enak banget loooh >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. di UI depok? hehe ambil apaa?
      wkk iyaa murah bgt d situ... beli milkshake jg cm 5000 kl g slh

      Delete
    2. Iya di UI depok ci, aku ambil sastra cina
      aku suka banget ayam penyet nya disituu hahaha

      Delete
    3. besok aku mau ke UI Depok nii mw daftar ulang... hehehe
      wahhh bsok nyobain ahhh... :9

      Delete
  4. thanks infonya sista.... saya ada rencana ikut tes UI juga ambil Magister Kenotariatan. kira2 punya referensi ga buku TPA yg bagus untuk saya beli dan pelajari....tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa sama2 sis.. hehe
      wah.. jgn lupa pastiin yaa, kalau mau yg depok bs awal2 tahun, kalau mw kulny d salemba brti ikut ujianny yg akhir taun sis...
      Kalau buku TPA, coba beli aja di Gramedia.. Aku jg cm beli 1 sih, soalnya di kota ku toko buku nya cuma jual 2 macem doang X<
      Liat aja di Gramedia/toko buku, cari yg memberi contoh latihan soal2 TPA.
      Lumayan, hemat ga perlu ikut bimbel :p

      Delete
    2. sis.. buku2 TPA bnyak yng nyesatin nih, ada gak referensi buku2 TPA yang emang bener, misal pngarangnya sapa n penerbitnya> thnks

      Delete
    3. Iyaa...jangan percaya 100% sm jwban yg tertera di buku TPA... karena blm pst smua bener...
      Aku sendiri ga tau buku apa yg bnr2 100% jwbanny bener... soalny buku tpa yg aq beli jg ada yg slh jwbanny =.=

      Delete
  5. makasih sist info nya, aku niatan mau ambil magister juga di UI, hubungan internasional. pesimis akunya sis :((((( soalnya S1 pernah ga jebol.
    kamu S1 dimana sis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. smangat sis... Dicoba aja dl... Aku jg awalnya pesimis gr2 ga ikut bimbel, jd takut kalah sm anak2 lain yang udah bimbel.. :(

      Aku S1 di Univ Katolik Parahyangan. km dmna?

      Delete
  6. sist pake path ga? aku bagi dong, biar bs keep contact huhuhu ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhu jarang bgt buka path sis.... cuman pakai BBM n FB... Kadang buka line n insta jg sii.. tp kalau path jrg :(

      Delete
  7. Sis iku uj yg bulan apa? mau nanya klo saat pendaftaran gtu hrs upload nilai toefl ga? Trs gmna tips2 ny persiapannya h- brp hri sblom uj? Thanks mohon infony

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku ujian bln desember thn 2013 sis...tidak harus upload kok.. tp kalau mau upload jg boleh.
      Kalau aku sih sesuai sm yg aku tulis d atas... beli buku latihan TPA, trs isi + cocokin jwbannya... membantu bgt tu :)

      Delete
  8. thanks bgt sist balasannya, klo untuk tips soal bhsa inggris gmna y sis, baca dri toefl y? Maklum klo udh kerj, mo bljr slse pulang kntor udh smbil ngantuk2 heeehee..thnks infony

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 sis, anggep aja ngobrol2 :)
      iyaa persis soal toefl, cm waktuny aja singkat bgt... hahaha

      Delete
  9. Numpang tanya..untuk soal matematika dasar, ada soal2 geometri atau soal2 yg harus inget rumus?

    ReplyDelete
  10. numpang tanya, apakah soal-soal matematika dasar nya ada soal tentang geometri atau soal-soal yg mengharuskan kita hafal rumus??
    terima kasih atas jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hanya ada beberapa saja... Kalau tidak yakin dengan jawabannya, lebih baik mengerjakan yang sudah yakin benar saja untuk menghindari nilai minus

      Delete
  11. mau tanya juga klo nilai toefl itu kapan terakhir diserahkan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf ya baru bales... tergantung diaturannya disurunya kapan... biasanya disebutin kok

      Delete
  12. Sist itu test kira2 formalitas aja gk ya? Maksudnya kita pasti di terima apa gk? Aku br mau test notariat nya tgll 13 April bsk

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurutku itu tes bukan untuk formalitas aja, karna temanku ada yang tidak lolos tesnya... semangat ya,,,
      coba banyak latihan soal2 tpa...

      Delete
    2. Hallo sist, aku juga mau ujian notariat tgl 13 April Besok, agak2 deg-deg an... telat nih nemu Blog ini...

      Delete
    3. wahh.. semangat! good luck ya tesnya :)

      Delete
  13. mau tanya nih sis.. kalo kita tes sekarang untuk program magister, itu nanti kuliahnya di depok gitu? bukan di salemba?
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. saranku lebih baik hubungi pihak UI nya langsung...
      saya tidak tahu mengenai fakultas lain, tapi untuk kenotariatan yang saya tau UI buka 3x... 2 awal utk depok, akhir taun utk salemba

      Delete
  14. wah sis km udah keterima ya berarti? selamat ya sis ^^
    sometimes posting ya kuliah semester 1nya itu kaya gimana. aku mau ikut tesnya tapi nanti nunggu yang disalemba, doain ya bs nyusul km^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa sis, aku uda ketrima hehe
      sekarang lagi jalanin kul semester 1 nya nih... tp bingung jg mw share apa ttg itu haha

      iyaa kalo mau salemba utk kenotariatan biasany akhr taun hehe
      sippp good luck ya!

      Delete
  15. Mau tanya.
    Ada berapa bagian/sesi di TPA Pascasarjana UI, minta rinciannya juga ya? kan waktunya 2 jam.
    Setiap sesi ada berapa soal ya? biar saya tahu jumlah soal TPAnya.
    Makasih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh... tesnya 1des 13, jadi sudah lupa karna saya tidak mengingat-ingat detail jam, apalagi jumlah soalnya :(

      Soal total ada 100 kalau tidak salah. Tapi kan tidak dijawab semua, hanya yang yakin benar saja.

      TPA yang total waktuny 2jam ini dibagi2.. slh satu sesinya ada yang 40menit... kalau tidak salah dibagi jadi 3sesi... Waktunya tergantung soalnya... Misal kalau soal matematika mungkin waktuny lebih lama dibanding soal logika.

      Delete
  16. Ada soal membaca teks Bahasa Indonesia gak di TPAnya?
    Untuk soal matematika berarti kita menghitung ya? karena di beberapa blog yang bahas pengalaman tentang tes TPA S2 UI, tes matematikanya hanya disuruh mencari rumus dari persoalan matematika yang diberikan.
    Sorry ya tanya lagi, biar mantep kalo jadi ikut tesnya. Thanks a lot.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iy gpp, santai aja.. AKu jawab sebisaku :)

      Waktu itu sih ga da teks bahasa indo.... Adanya mayoritas soal logika kaya yg aku sebut d atas...
      Matematikanya sih menghitung, bukan disuru cari rumus....
      Ada yang aku gatau rumusnya malah, jadi ga bisa jawabnya...
      Untuk matematika, ada yang bisa dijawab pakai logika juga kok...

      Delete
    2. mau nanya kak, berapa skor minimal untuk TPA supaya bisa lulus ?

      Delete
  17. Sist mu tanya klo pakaian pd saat test di ui tuh ditentukan phk kampus ga? Mis. Hrs pke kemeja dan ga blh pke celana jins..ato mgkn blh pke jins? Trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas. Pakaian tidak ditentukan. Yang penting rapi dan sopan... Kalau aku waktu itu saat tes pakai kemeja + celana jeans + sepatu.

      Delete
  18. Sis mau tanya,saya kan rencananya bsk ikut tes ui jg tp sampe skrg sy blm tau dpt ruangan di gedung mana..di kartu ujian sy hny tercantum f.psikologi saja untuk lokasi ujiannya. Bagaimna ya cara mengetahui ruangan dan gedung lokasi ujiannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasa d pintu masuk gedung nya ditempel ruangan ujianny...
      Jd sbnrny lbh baik km dtg shari sblm ujian bt liat no ruangan kamu dmn..
      Tp kl ga smpet, km lgsg j dtg ke gedung psikologi, trs liat d pintu masuk tar ada kertas yg d tempel isiny no2 ujian. Kamu cari aja no ujianmu...
      Utk tau gedung psikolog yg mn, kl mw km naik ojek aja... bayar 7rb tp pasti sampe d tujuan

      Delete
  19. sis, mau tanya, dulu diberitahu ada pengurangan nilai kalau jawaban salah gak sama panitianya? soalnya kemarin saya ujian, panitianya gak bilang apa2, trus gak sempet baca petunjuk soal, jadi saya isi semua aja...hiks.... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah... semoga bny yg bnr y sis... kalau bny yg bnr kn seenggany bny +4nya...
      Waktu tu d kasitau.
      Tapi sblmny aq emank udh tau gara2 banyak search d Internet

      Delete
  20. Pas ujian tpa bisa ngerjain soal brpa ci? Kuantitatif nya susah ya :(((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lupa ngrjain brp soal... tp yg aku inget, aq jwb full soal logika..
      Yg matematika g bs wkwk

      Delete
  21. Ihhh keren , kmren sial logikany membingungkan yg matematika antra ragu2 dan nembak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sis... yg agak ribet tuh yang soal logika matematika... haha

      Delete
  22. Angel, tanya lagi gpp ya.
    Kalau persyaratan daftar ulangnya apa aja ya?
    Izin penyelenggaraan program studi dan akreditasi BAN-PT dari kampus S1 kita dulu perlu gak sih waktu daftar ulang? Thanks ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga perlu si
      Tr kl ud d trima, d ks tw kok d suru bw apa aja
      Seingatku sih bukti pembayaran, ijazah yg d legalisir, transkrip nilai, foto... tar ada yg d mnt copyanny jg

      Delete
  23. sist, makasih banyak infonya yaaa...sgt membantu sekalii..
    btw ini yg di test cuma TPA dan Bhs Inggris aja?? ada test Hukum Perdata, Agraria atau Hukum Dagang ga sih??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thamk you ya....
      Kalau untuk UI, hanya TPA dan english.
      Tapi kalau UNPAD, tesnya adalah agraria, dagang, perdata...
      Jadi beda universitas, beda ujiannya

      Delete
  24. Thanks bgt ya berkat info dari blog ini, akhirnya bisa lulus pengumuman. Thanks bgt ya atas sharing nya. Gbu ;). Bwt yg mo masuk, ayoooo smgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh seneng banget dengernya ! congratulation ya dear ^^

      Delete
  25. Angel tanya donk, kuliah s2 notariat dari hari apa sampai hr apa dan jam berapa. Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku di Salemba, kuliah setiap hari ( bahkan ada jadwal yang hari minggu, tapi karena keinginan dosrn, akhirnya diganti jadi sabtu).
      Kuliahnya jam 14.00-18.00(senin-jumat). Sabtu jam 09.00-11.00.

      Nah, kalau depok saya tidak tahu hari dan jamnya...

      Delete
  26. Angel, kalau pilihan mata kuliah di tiap semester ditentukan univ apa pilihan masing2? Kalau di Salemba lbh enak ya? ga ada dosen killernya spt di Depok (konon dosen hk waris)? Di Salemba ada nggak yg antik2 gitu? Makasih ya Angel....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilih sendiri, cuma kan tetep udah dikasitau semester 1 ambil apa, dst...
      Iyaa dosen di depok galak si... hahaha (jadi pengawasku pas ujian). Tapi di salemba jg ada kok yg galak.. haha

      Delete
  27. sist mau tanya dong klo test toeflnya gmn soalny ? ak juni ini testnya
    +

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu diatas udah aku share link nya dear....

      Delete
  28. Angel klo untuk kos2an sekitaran brpa yah? Mulai dri kos2an biasa or apartemen? Buat tulisan lagi donk ngel :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya nulis ttg kos2an d salemba?
      biasanya di internet (google) ada sih ttg info kos2an sekitar salemba, ada no kontaknya juga..
      Kalo d sini ada yang murah contoh 800rb tapi tanpa ac.... Ada yang kaya kos ku 1,8jt tp pk ac dll.
      Tergantung sih... Budgetnya berapa... Kalau mau lebih murah, ya resikonya kosnya jauh dari kampus / fasilitas krg lengkap
      apartemen jg ada sih, tapi agak jauh dr kampus...
      Ada juga kos yang kaya apartment tp 1bulannya 4jt hahahha

      Delete
  29. Kos nya angel deket dari kampus y? Di daeragh mana? Fasilitas lengkap? Sory nanya lagi soalnya info kosan di inet lbh bnyak yg didepok drpda salemba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa gpp kok tanya2 :D
      Kos ku ga deket2 banget sih, cuma lumayan lah ke kampus jalan kaki (jalan cepat) 15-20menit.
      Aku kosnya di Salemba Tengah...
      Fasilitasnya air panas, internet. Karena kosku ini banyak kejelekannya, akhirnya juni nanti aku mw pindah wkwkwk

      Delete
  30. Ada kos yg recomended ga sist? Yg nyaman dan deket hehe..Soalnya aku lwt tengah tahun baru bisa hunting krna msh diluar kota. Thanks sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru bales... Hmm kalau kos yang recommended aku ga tau sih... Yang aku tau si yang nyaman itu kos yg aku mau pindah ini wkwk... tapi aku belum tau juga karena belum tinggal disitu nya langsung.. Cepetan waiting list aja , tar tktny penuh

      Delete
    2. Sis, waktu baru masuk sem 1 isi IRS online jg ga sih? Soalnya batas pengisian irs smp tgl 22 nh, ppk tgl 23

      Delete
  31. omg belum paham maksudnya ini ??? tapi pengen banget masuk UI

    ReplyDelete
  32. Halo ba..waktu nginep di wisma makaranya itu ada ojek yg mangkal ga pas mo berangkat ujian? kan ujiannya pagi2 bgt tuh..takutnya ga ada ojek yg mangkal disitu..hari minggu pula..Tlg infonya yaa. Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kok... tar tny resepsionis wisma makara ny aja... ojekny ada d depan asrama. Hehe. Aku jg wkt tu naik ojek jam 6pagi dr makara

      Delete
  33. sist, utk soal bhs inggirsnya ada nilai minusnya gak? trims

    ReplyDelete
  34. Waaaaahh.... Thanks bgt Vania...
    Tips2-nya markotooooop... bermanfaat bgt... Hari Minggu lusa aku juga ikutan simak UI Gel. II... Moga aja tembus...
    Salam Kenal aja ya...
    Vania rajin bgt nge-blog-nya... mantaaap...
    SALAM BLOGGER...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks you yaa...
      Good luck buat ujianny... smoga d trima :D

      Delete
  35. Tengkyu tips-tips nya, semoga bisa menjadi adik kelas vania, di ui aminn

    ReplyDelete
  36. Yakz sy lupa ad minus dan sy tembak yg gk keburu ������

    ReplyDelete
  37. Wahh, blog & comment2ny sngt mmbntu sis, sy berniat ikut simak ui salemba kenoktariatan 2014 ini..

    Sis mw tnya nih, kita perlu ambe toefl tes dlo gk ya?? Mksdny, cpt atau lambat nilai toeflny bkalan ditnya atau bhkan diminta gk sertifikatny kaya di UGM??
    Klu cpt atau lmbat mau, tesny mesti disana lgsg atau lembaga t4 tes toeflny itu hrus lembaga tertentu ya sis??
    Terus sis tw gk kira2 kuota yg diterima simak ui gel 3 ini kira2 brp org? Peminat yg kut ujianny brp?

    Maaf bnyk tnya sis..ditnggu blsnny..thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga perlubtes toefl dl sis... yang penting tar lulus tes TPA plus Inggris nya aja... karena tes inggrisnya itu sendiri udh kaya soal toefl hehe.
      Wah kalau kuota nya aku kurang tahu ya... biasa nya ada kok d websitenya.

      Delete
  38. kak aku mau nanya dong, aku kan baru keterima di ui lagi mau NGISI IRS, tapi pas ngisi nggak bisa katanya status akademiknya kosong gitu, kak angel tau ngk knp? sapa tau pengalaman gitu, apa mesti setor berkas ke fakultas? soalnya aku waktu habis daftar ulang di balairung ngk kefakultas soalnya nggk ada arahan buat kesana,,, kak tolong bantu jawab yah? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. duh maaf aku ga inget sihh... Menurutku, lebih baik telp TU nya aja. Jadi jelas apa yang harus dilakuin...
      aku habis daftar ulang juga cuma ikut PPK (ospek) abis itu langsung kuliah sih.. ga da masalah.
      Kalau ada masalah kaya gt, mending tanya langsung ke TU nya aja.. :)

      Delete
  39. makasih kak jawabannya, itu mata kuliaah buat pascasarjana paketan atau gimana? kalau mau tau mata kuliah apa aja yg harus diambil dimana yah kak?

    1 lagi magister hukum ada ppk nya ngk sih kak? waktu itu kak angel daftar dimana? soalnya ngk ada info sama sekali

    sorry yah kaka ^^v

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ada paketannya sis,, jadi ga bingung mau ambil apa...
      aku sih taunya dari pas PPK (ospek).. waktu tu dikasi tau apa aja yang harus diambil tiap semester... trus ada ketua kelas juga yang ngasi arahan ttg apa aja yang harus diambil.
      kalau magister lainnya aku gatau... cuma tau magister kenotariatan ajaa....
      Waktu tu si aku dftr PPK nya pas dftr ulang... ada senior2 yang bagiin brosur gt

      Delete
    2. oh jadi ppk dulu baru ngisi krs yah kak?

      Delete
  40. satu kls brp sis ?

    ReplyDelete
  41. Sist, mau tanya, waktu semester 1 ngisi IRS Online ga? Soalnya batas pengisian irs smpe tgl 22, ppk tgl 23, jd bngung

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, aku IRS online kok.
      wah gitu yaa... aku lupa sih, seingetku, pas aku waktu itu PPK dulu baru isi IRS.. soalnya aku juga ga tau apa yang harus diambil...

      Delete
    2. Update info sis, hehe kali aja ada yg baca mhs baru kenotariatan juga :) baru hari ini ada pengumuman utk mhs baru, jadi silahkan isi irs online yg ditujukan utk term 1, terima kasih :)

      Delete
    3. mau tanya kita yang di papua.
      mau test online nya bagaimana ya ?

      Delete
    4. Hi barson. Maaf saya kurang tahu apakah ada test online / tidak, sebab saat mendaftar lewat online lalu bayar, maka akan diberi kartu ujian yang sudah tertera juga lokasi ujian yaitu di UI Depok.
      Jadi, saya tidak tahu apakah ada test online untuk yang berada di luar pulau jawa.. Teman saya yang dari Bali pun jauh-jauh datang ke UI Depok untuk mengikuti tes nya.
      Saran saya, coba anda telp langsung bagian administrasi UI.

      Delete
  42. Halo Vania.Selamat ya atas kelulusannya
    Numpang tanya nih, apakah tes TPA ini sama untuk semua rumpun ilmu yang kita pilih (sains & teknologi, sosial & humaniora, kesehatan) atau berbeda, misal TPA magister hukum berbeda dengan TPA magister teknik, soalnya saya lihat dari blog lain yang memilih jurusan teknik di tahun yang sama, soal matematikanya berbeda dengan yang adinda jabarkan.

    btw thx buat infonya
    semoga sukses selalu dan tambah cantik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tahu juga sih mengenai apakah soal TPA untuk pasca sarjana disamakan atau tidak.. sebab saat tes, saya tidak berkenalan dengan banyak orang untuk mengetahui fakultas apa yang mereka tuju.
      Saya hanya berkenalan dengan 1 orang yang mengincar sastra inggris, dan sepertinya soalny sama seperti saya.
      Mungkin untuk jurusan yang mengarah ke IPA misal kedokteran gitu, lebih berat ya soal matematikanya :(

      Delete
  43. Thanks informasinya vania. Aq juga berencana mau ambil magister, tapi aq bahasa inggrisnya belum lancar. Bisa rekomendasi tempat kursus bahasa inggris yang bagus gak si depok.

    Selamat ya karena dah jadi mahasiswa UI semoga aku bisa nyusul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih ya.. semoga km jg bs jd mahasiswa UI :)

      sama, aku juga kurang bisa bahasa inggris.
      Aku hanya tau ada :

      Lembaga Bahasa Internasional (LBI)
      untuk depok, ada di Gedung X, Lt. 1 Kampus FIB UI Depok.
      Tlp. (021) 7864075 , 78849082.
      www.lbifib.ui.ac.id
      www.lbifib.blospot.com

      Delete
  44. mbak kalau mau ikut S2 misalnya ijazah belum keluar boleh ngak menggunakan surat kelulusan dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bisa kak... sama transkrip nilai kalau tidak salah

      Delete
  45. Maaf saya mau nanya soal jadwal ujian masuk S2 UI dalam setahun ada berapa kali ya? Dan di bulan appa saja? Saya dari Medan sedang cari2 info ujian masuk S2 UI. Trimakasih sebelimnya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan langsung buka website UI untuk tau jadwal pendaftarannya sis.
      http://penerimaan.ui.ac.id/id/page/registration

      Delete
  46. Hi, maaf mau nanya kalo biaya S2 kenotariatan di UI tahunn 2014 berapa ya kisarannya dari awal masuk sampai nanti lulus.. Terima kasih kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. awal masuk : 12jt + biaya per semester 10jt.
      Jadi, semester 1 bayar 22jt, smster 2 10jt dan seterusnya.

      Delete
    2. hy angel salam kenal! aku Insya Allah akan mengikuti tes Simak UI 30 November ini, agar belajar aku lebih fokus, dari beberapa contoh soal diatas, apakah dalam soal Simak UI ada jg soal yang membahas penalaran gambar? deret matemarika ? dan pemahaman wacana? thanks

      Delete
    3. hy angel salam kenal! insya Allah saya akan mengikuti tes ujian Simak UI 30 November ini, biar belajarku lebih fokus, aku mo nanya di atas kamu sdh memaparkan beberapa contoh soal simak pasca UI, tp apakah ada soal yang membahas tentang pemahaman wacana, deret matematika dan penalaran gambar?

      Delete
    4. halo salam kenal.. wah sebentar lagi ya.. semangat.. good luck ya ^^

      maaf ya, aku sudah lupa sebab itu sudah setahun yang lalu :(
      yang aku ingat hanya gambaran umum aja seperti aku tulis d atas.

      Delete
  47. Hi Angel, mau tanya nih, angkatan km skg yang ambil kenotariatan di Salemba ada berapa orang ? soalnya kmrn kan saya brusan ikut tes masuk S2 Mkn. yg di Salemba juga. Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi.. angkatanku ada 100orang lebih sedikit.

      Delete
  48. mba bisa mintol emailkan ke saya dunks tes bahasa inggris dan tpa nya. ke onmadya@yahoo.com. terima kasih ya mba.

    ReplyDelete
  49. Hi angel, thanks ya infony.. sy sdh ikuti prkmbngn blog kmu & tnya2 bbrp x jauh2 hri sblom tes UI 31Okt smlm.. sngt mmbntu skali.. sy keterima di Salemba program S2 MKn thn ajaran 2015 bsk & diwjibkn kut pndftrn ulang tgl 15jan..

    Ada bbrp prtnyaan lg nih angel, tlg djwb klu gk sbuk ya:
    1. Sy dgr dr tmn sy (ank S1), klu kuliah S2 salemba 1smster di salemba, 1smster di depok, trus gtu smpe tamat. Btul gk y??
    2. Jdwal kuliah angel dr jam brp smpai brp n hri apa z ya biasany? Program reguler kn? Agar tw interval wktu & tnggal kuliahnya z sih..
    3. Kita tdk dsruh bt proposal dll, utk mmprsiapkn tesis lgsg gtu msuk kn??
    4. Dr SMA smpai S1 kmi diwjibkn buka tbungn utk byar SPP, klu utk S2 tar, ad kwajibn hrus buka tabungn apa ya?? Biar gk repot dftr domisili dan buka rek baru mksdny..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai... selamat yaa udh d terima :D
      Berikut aku jawab satu2 pertanyaanmu :
      1. Iya, misal semester 1 kamu ambil Hukum Perbankan di salemba, tapi kamu ga lulus n hrs ngulang. Nah semester 2, kamu harus ngulangnya di Depok. Kl mw ngulang d salemba bisa, tp smster 3.
      Lalu... semester 1 salemba lalu smster 2 depok.. itu ga semua matkul.. tergantung dosen kok.

      2. Kuliah setiap hari kecuali Minggu. Jadwal selalu mulai dari jam 2siang sampai jam 6sore utk hari biasa. Kalau sabtu, biasanya pagi hari misalnya jam 9

      3. Tidak. Tenang saja.. masuk seperti mhsw baru biasa kok.. kalau bingung,bs ikutan PPK.. semacam pengenalan kampus gitu... skalian ktm tmn2 baru.. nanti ada selebarannya pas kamu daftar ulang.

      4. Tidak diwajibkan buka tabungan apa2 kok.

      Semoga membantu.

      Delete
    2. Hai anonymous yg sdh kterima di ui.selamat yaa tlong bntu saya dong sya mw ujian bln 4 taun ini d ui jg.. saya mau btanya ttg soal2 yg diuji kan..tlong klo mw bkenan mbantu email sya di novy_smsr407@yahoo.com maav ya sy ga pnya akun blog jd tpksa anonn.. send regards

      Delete
  50. Thanks ya angel.. wahh repot ya di pngulangan pindah2ny.. tp klu gk ada pngulangan, brti smua di salemba ya??

    Waktu kuliahny tnggung ya, mw kerja kntoran gk bsa lg..haha

    Thanks ya skali lg bt saran2 dan msukanny..GBU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa makany males kl ada yg hrs ngulang...

      Ga semua d salemba.. trgntg dosennya... kl dosenny mw d depok ya hrs ke depok... walau jdwl seharusnya d salemba.

      Hehe iyaa.. tmn2ku pd part time dh..

      Iya sama2 gbu

      Delete
  51. hy angel, maaf mrepotkn, mw tnya donk... sy mabar nih..
    kbgaian dpt dosen PA Dr. Siti Hajati Hoesin, S.H., M.H., C.N.
    angel kenal gk? dosennya baik apa kejam nih? dosen depok or salemba dia?? hehe

    ReplyDelete
  52. hy angel, maaf mrepotkn, mw tnya donk... sy mabar nih..
    kbgaian dpt dosen PA Dr. Siti Hajati Hoesin, S.H., M.H., C.N.
    angel kenal gk? dosennya baik apa kejam nih? dosen depok or salemba dia?? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga kenal sii. .. temenku yg dapet dosen PA dia juga hehe. Kayanya baik kok :D

      Delete
  53. Halo kak, nemu blog ini. Menarik. Terimakasih untuk tulisannya :) aku mau nanya ka, aku anak smk yang punya keinginan masuk UI. Kira kira apa yah ka langkah yang harus ditempuh supaya bisa bersaing dengan yang notabennya anak sma? Apa aku harus belajar pelajran sma juga seperti fisika ipa dll-nya? Pasti ada peluang kan yah ka untuk anak smk bisa masuk universitas negri?

    ReplyDelete
  54. kira2 yang mendaftar ada berpa peserta?dan yang diterima berapa mahasiswa ?

    ReplyDelete
  55. Yg udh llus s2 notaris / hukum ui tolong bantu anee dong... mau nanya ttg apa ajaa yg dbahass pas test masuknya. Biar bisa bgabung jg pleasee email sya di novy_smsr407@yahoo.com klo ga tinggalin aj email nya di reply biar sya email. Thankyouuu

    ReplyDelete
  56. Salam kenal angel, terima kasih karena sudah menuliskan pengalaman kamu dan bisa menambah gambaran ke saya. Tgl 12 April 2015 ini saya akan mengikuti ujian masuk UI. Selain TPA dan B. Inggris ada syarat lain yang wajib diserahkan yaitu Karya Tulis Ilmiah. Boleh kasih gambaran ke saya gak gimana bentuk KTI yang biasanya bisa mendukung kesempatan untuk keterima di UI. Saya ngambil jurusan Ilmu Sejarah dan dayang tampungnya 20 orang. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga :)
      Terima kasih banyak ya.
      sebelumnya maaf ya sebab aku kurang tahu mengenai tes masuk jurusan lain, sebab aku hanya share tentang pengalaman saat aku ujian saja.
      mungkin bisa search d google seperti apa cth2 KTI :)

      Delete
  57. smoga saya juga lulus tes tpa di ui .. bantu ya kakak kakak smua yang sudah perna ngalamin tes nya gimana >.< bisa contact q imel istiqamah.hafid@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin... semoga d terima ya d UI

      Delete
    2. Salam kenal ka, sy jg mau masuk pascasarjana UI tahun ini, mau nanyak nih tentang tes TPAnya kalok yg salah bernilai -1 berrt kita boleh tidk menjawab soal bila ragu ya ? (untuk menghindari pengurangan nilai)

      Delete
    3. aku kurang tahu ya untuk tes pascasarjana UI selain jurusanku sebab aku takut salah kasi info. Aku cuma kasi info tentang pengalamanku aja pas aku ikut tes masuk s2 notariat.

      Lebih baik kamu cermati dan perhatikan apa yang diinfokan oleh pengawas ujian.

      Saat aku ujian, ada nilai minus bila salah, sehingga apabila aku ragu, aku tidak menjawabnya.
      Kalau waktu itu, aku lebih condong mengisi full soal logika, dibanding soal matematika.
      Karena aku lemah di matematika.

      Apabila ada nilai minus, lebih baik jawab soal yang benar-benar kamu pahami

      Delete
  58. thanks berat atas infonya, wismeluck untuk tanggal 12 april ini.

    ReplyDelete
  59. Wah terimakasih kakak, bermanfaat banget blog nyaaa :D

    ReplyDelete
  60. Hai sisy^^ boleh tumpang tnya??? Saya baru diterima utk s2 notariat sem ganjil depok.hehehe kira2 ada kemungkinan ga ya untuk kuliah sambil kerja?? Biasanya jdwal kuliahnya hari n jam brapa ya??? Thank you sisy^^

    ReplyDelete
  61. tahnks anggel atas infonya.....saya ada minat untuk pasca UI ilmu hukum.

    ReplyDelete
  62. hi kak, salam kenal
    saya rencana ingin lanjut S2 Teknik Sipil di UI
    mau nanya kak :
    1. byk ga teman2 kakak yg kerja sambil kuliah (bukan yg part time) bs lancar ikutin kuliahnya / malah sering bolos atau telat datang ?
    2. ada byk kakak2 tingkat yg blm pd lulus karna sibuk kerja ga ?
    3. kampus di salemba itu ada jadwal kuliah malam ga kak ?
    4. kakak ada tau kabar S2 teknik sipil rata2 mereka jam kuliahnya kpn aja n tiap hari apa ( soalnya aku ga dapat2 blog anak S2 teknik sipil di UI itu)
    5. pertanyaan terakhir kak ( ada byk jenis beasiswa yg bs kita ikuti saat sudah jd mahasiswi UI nanti ?)
    Terima kasih sebelumnya
    GBU

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo.. maaf ya aku baru sempat balas..
      aku jawab sepengetahuanku aja yaa...

      1. banyak banget. Mayoritas temen sekelasku sudah kerja (mungkin hanya aku yang belum dari 100 orang). Biasanya yang sudah kerja memang sering telat atau pun tidak bisa datang ke kelas, tapi biasanya juga, mereka malah lebih bagus nilainya karena sudah lebih tahu dan pengalaman di dunia kerja.

      2. sepertinya tidak ada.

      3. tidak ada..

      4. wah kurang tau karena aku tidak ada teman yang kuliah di s2 teknik sipil UI

      5. kurang tahu juga karena saya tidak ambil beasiswa. Untuk hal itu, bisa langsung tanya ke pihak UI ^^

      Delete
  63. Kak aku masih jalanin S1 swasta di jakarta, dan minat bgt dengan S2 UI. Mudah2an bisa nyusul kk di Ui nanti. Do'akan ya kak. Terimakasih..

    ReplyDelete
  64. Maaf ka, sebelum simak pascasarjana, referensi pembelajaran yang kak maria dapat darimana ya?apakah kak maria ikut bimbel khusus simak UI atau murni belajar sendiri. Makasih kak sebelumnya.

    :)

    ReplyDelete
  65. hy angel..

    aku tgl 29 november 2015 ini ujian saringan masuk untuk magister notariat ,,

    sumpah deg2an banget,, aku ibarat punguk merindukan bulan...hahahahahahahahah

    tp aku termotivasi bgt sama blog nya angel...

    angel boleh tau ga, waktu angel ujian peserta unutk magister notariat nya banyak ga?

    trus untuk setiap jurusan peserta nya di gabung atau di pisah2?

    mohon infonya yah angel....

    makasih angel....

    ReplyDelete
    Replies
    1. good luck yaa.. :)

      untuk itu, aku ga tau pesertanya banyak atau ngga... yang diterima sih 100 orang..
      peserta ujiannya random kok hehe

      Delete
  66. bagi informasi donk sdh nyoba S2 kenotariatan UI gagal melulu...punya buku yang recomen nggak un TPA n B.ing .... mhn batuannya ka2 senior...hhhe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku si wkt tu cm beli 1 buku yg ada contoh soal TPA nya.. cuman ternyata di kunci jwbannya msh ada salahnya... haha

      coba aja beli buku cth2 TPA, terus kerjain soalnya sesuai waktunya.. itung2 bt latihan

      Delete
  67. Halo Maria, kalau S2 FEUI soal2nya juga sama ya ya? bisa rekomendasikan buku utk lathan TPA atau Englishnya? Thanks ya...Riki.

    ReplyDelete
  68. mau tanya dong cc angel, itu kalau mau magister kenotariatan di UI Salemba gmn cara daftarnya ? apa lgsg di situsnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ka angel mau tanya, kl taun ini test tpa n inggris msh sm g yah ky taun sebelumnya?

      Delete
  69. kak mau tanya untuk sistem pembelajarannya gimana ya untuk S2 UI? banyak presentasi atau kita memperhatikan dosen gitu kak? soalnya aku baru lulus S1 jadi biar ada bayangan kak hehe.
    oiya kaka juga langsung ambil S2 ya setelah lulus?

    makasih kak dijawab ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo.. maaf ya baru sempat balas..

      Iya, aku langsung ambil s2 setelah lulus... karena takutnya kalau kerja dulu, jadi malas kuliah lagi hahah

      Sistem belajar mirip s1.. tapi pelajarannya lebih rumit karena tidak hanya teori saja namun juga tentang praktek.
      Untuk masalah presentasi dan dosen, itu tergantung masing-masing dosennya itu sendiri.. ada dosen yang hanya datang, ngajar, pulang. Ada juga dosen yang datang, suru kita presentasi, tugas setiap minggu, dll.

      Delete
  70. Haloo.. Kak. Angel.. Salam kenal, saya melany, di raja ampat.. Papua barat...
    Wahh ttg SIMAK UI yg kaka share d blog. a kaka sangat membantu skali. Padahal sempat gak PD, . Saya akan Test S2 SIMAK UI akhir bulan Ini.. Mohon dukungan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Melany... salam kenal yaa

      bagaimana tes UI nya hari ini? lancarr?

      semoga diterima yaaa

      Delete
  71. selamat siang kaka vania .. aku mau tanya mengenai tes simak ui .. soalnya aku tes tanggal 29 nanti .. mengenai tes bahasa inggrisnya gmana ka ? apakah hanya grammer aja , spelling ? atau just reading .. mohon infonya yah ka .. :) aku juga ambil s2 kenotariatan soalnya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah kk sudah melihat post ku ttg tes bahasa inggris?
      Seperti itu kak tes ny

      Delete
  72. Nice posting Kak..
    Oiya, aku mau tanya dong, untuk dokumen yang dibawa saat tes/penerimaan mahasiswa, pakai surat rekomendasi dari dosen juga ga ya?
    Thx before :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu itu sih aku tidak pakai surat rekomendasi apa2 lagi

      Delete
  73. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  74. permisi angel, mau tanya, dari yg saya baca diatas katanya pas tpa matematikanya agak dilewat ya? trus akhirnya gimana? kalau nilai matematikanya agak rencdah tapi nilai yg lainnya ok apakah tetap bisa lulus?

    ReplyDelete
  75. halo angel, kalau waktu tes TPA matematikanya paling rendah daripada tes lain apakah akan mempengaruhi kelulusan?

    ReplyDelete
  76. Sist ceritain dong ttg materi apa aja yg diterima? Bener bener ke praktek pembuatan akta kah? Trus per smstr dpt brp sks? Dan biayany brp per smstr?

    ReplyDelete
  77. Sist, aku mau tanya dong gimana tingkat persaingan masuk S2 UI? Biar lebih prepare lagi. Thank's sist 😊

    ReplyDelete
  78. ci angel,,nanya dong,,jadwal pendaftaran magister tahun ini mulai kapan ya?(2016)

    ReplyDelete
  79. Hai vania.. numpang tanya boleh? Saya ada rencana ambil s2 hukum di ui.. saat ini saya kerja di Law firm di jakarta sebagai pengacara... yg mau saya tanyakan ada gak jurusun Litigasi atau yg lbih spesifik ke lawyer litigasi? Thx.

    ReplyDelete
  80. Hallo vania, apakah jadwal kuliah S2 tidak ada yang sabtu minggu saja? hehe
    Mengingat saya juga seorang karyawan di perusahaan swasta
    thks

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku kurang tahu sih karena kuliah s2 kan bermacam2 jurusannya.
      kalau untuk jurusanku sih tidak ada yang sabtu minggu,,,, paling adanya untuk kelas Depok bisa kuliah sore

      Delete
  81. Kak mohon info dong kalau kita ga banyak jawab untuk tes tpa yg matematikanya kira kira mempengaruhi kelulusan ga ya? Kakak waktu itu banyak ga yg dijawab untuk matematikanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu itu sih aku ga banyak jawab yang matematika karena memang ga ngerti terutama yang harus pakai rumus...

      Tapi aku lebih fokusin ke soal logika

      Delete
  82. hai kak maria ;) aku mau nanya nih. buat tes kenotaiatan ui tesnya bener2 TPA dan bahasa inggris saja? utk tes tentang ilmu hukum gaada kak? makasi sebelumnya :)

    ReplyDelete
  83. Terima kasih infonya Maria sangat infotmatif..kalau untuk pendaftaran tes tpa di ui dimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2... melalui online.. cek langsung website UI agar tidak kelewatan tanggal pendaftarannya

      Delete
  84. kak vania, test magister kenotariatan UI itu lokasi testnya bisa gak disesuaikan dengan domisili kita? atau semua orang yg ikut test magister kenotariatan harus meluncur ke ui Depok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang aku tau sih sudah d tentukan.. di UI depok.. sebab temanku yang dari Bali maupun Sumatera juga ke Depok.
      Tapi lebih baik tanya UI nya langsung agar lebih pasti

      Delete
  85. ini post..udh lama ngt,, dari awal mau test,, dan skrg lagi mo nyusun tesis di UI, dan mungkin vania udh lulus jg ya.. tks info ny y

    ReplyDelete
  86. Hi maria, s2 kenotariatan bisa ngasih gambaran besaran biaya kuliah kenotariatan, soalnya q rencana mau lanjut ngambil notaris, cmn harus hitung2 ngan dulu soal biaya, takut duit nya nga cukup :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biaya kuliah 4 semester di MKn UI total 52juta pada tahun 2013.
      Sekarang sepertinya harganya sudah naik.

      Delete
  87. tu contoh soal yang sis posting ada donk jawabannya. Boleh diposting juga jawabannya ?

    ReplyDelete
  88. Terima kasih, cukup membantu saya untuk mengikuti ujiannya, terutama yg TPA. Saya jadi punya gambaran dalam menghadapi ujian kemaren.

    Oiya, saya izin copy paste contoh soalnya di blog, hehe :D

    ReplyDelete
  89. Hallo ka vania, apakah sistem perkuliahan di s2 fakultas hukum UI (baik Mkn maupun MH) ada program semester pendek (sp) ? Misal ada nilai yg tidak lulus (seperti D), apakah bisa sp atau harus mengulang kelas itu lagi di semester berikutnya? Kebetulan saya maba MH UI, next month baru masuk kuliahnya. Terimakasih ka Vania, sukses selalu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo dear... kalau aku di MKn tidak ada SP... jadi bila dapat D, terpaksa harus mengulang di semester berikutny.

      Biasanya ini yang sangat memberatkan mahasiswa, misal pada semester akhir hanya tidak lulus 1 matakuliah... akhirnya harus membayar 1 semester lagi utk 1 matakuliah tersebut.

      Delete
  90. terimakasih banyak kaka buat contoh-contoh soalnya dan cerita pengalamannya. ngebantu banget buat test di UI nanti. saya rencananya mau ngambil profesi apoteker di UI. mohon doanya ya kaka semoga bisa lulus :D

    ReplyDelete
  91. Kak aku mau tanya.
    Akukn daftar msuk akhir tahun ini, truz trtera SIMAK UIN Semester 2. prtanyaan aku, kuliahnya lngsung semester 2 ya klo lulus ntar??
    kdua klo udh lulus Toefl n Tpa msh minta ngga??
    trakhir kak,klo MKn kuliahnya dkampus mana kak??
    #Makasih Sbelumnya

    ReplyDelete
  92. terima kasih infonya ,jadi untuk s2 ui itu dibagi menjadi 3 kali ujian masuk di awal tengah dan akhir taun dan ditentukan tempat kuliahnya berdasarkan tes tersebut? apakah sudah lulus nih vania?

    ReplyDelete
  93. Hallo semua aku bakal ikut test simak s2 besok..
    Deg2an bgt tapi karna ada blog ini sedikit terbantu dan berkurang deg2an nya..
    Semoga aku bisa masuk dan jadi bagian dari jaket kuning!!! AAMIIN..

    ReplyDelete
  94. Hi kak, aku mahasiswi ilmu komunikasi bhayangkara, dulu pernah ikut simak s1 tapi gagal.
    Nah aku niat pas lulus mau ikut lagi s2 ilkom di UI, untuk persyaratannya apa aja ya apa ada persyaratan khusus kah? Terimakasih

    ReplyDelete
  95. Hei kak vania mau tanya, klo mau dftar magister hukum , apa aza sih persyaratannya yg harus disiapkan?

    ReplyDelete
  96. Sist, klo boleh tahu biaya kuliah persemesternya berapa yah? Ada rencana nih buat lanjut tp LG hitung2 dulu...hehee

    ReplyDelete
  97. hai kak, itu bener SIMAK UI Kenotariatan tesnya TPA dan B.Inggris saja? tidak ada tes kekhususan? jadi mau fokus belajar TPA kalau begitu

    ReplyDelete
  98. Mohon balasan dari kk senior d ui..kalau tes pascasarjana di ui tes nya itu soshom apa TPA saja

    ReplyDelete