Saturday, 18 June 2016

Masker Kefir "Choose LOI : Lithana's Organic Ingredients" Review


Haloo..
Pasti kamu sudah pernah dengar nama masker kefir yang booming sekali, sebab dengar-dengar artis juga pada pakai masker ini.
Duhh bikin penasaran ya..
Aku sendiri hanya sering dengar dari percakapan beauty blogger atau lihat dari instagram.
Nama "kefir" sendiri sudah menarik perhatianku.

Apa itu kefir??
Berdasarkan info dari wikipedia, Kefir adalah minuman yang terbuat dari susu dengan proses fermentasi yang berasal dari daerah Kaukasus.Istilah kefir berasal dari bahasa Turki, ke’if, yang artinya enak, keadaan (kondisi) yang baik. Dari wujudnya, kefir berbeda dari yoghrt yang juga merupakan hasil fermentasi susu. Kefir berwujud cair, sedang yogurt berwujud kental.

Nah, kebetulan Kefir.Lithana menawarkanku 1 paket masker kefir untuk dicoba.
Karena penasaran melihat hasil dan review dari banyak orang kalau masker ini membuat kulit wajah jadi cerah, jadi aku juga ingin mencobanya ^^
Oh ya, Kefir.Lithana ini 100% organik lho. Masker kefirnya merupakan hasil fermentasi susu sapi murni dan kefir grain. Dipadukan pula dengan Speciality Grade Ground Coffee Papua Wamena yang diklaim sebagai kopi terbaik dunia, Speciality Grade Ground Coffee Flores Bajawa dan juga madu hutan.

Kefir.Lithana mengirimkan 1 paket masker kefir yang isinya 4 macam masker kefir yang dibungkus rapi menggunakan aluminium foil (masing-masing berisi 3 sachet), sabun wajah Bamboo Charcoal, sendok plastik, kuas masker dan ice gel untuk menjaga masker tetap dingin saat pengiriman.

Pasti ada di antara kamu yang bingung dengan namanya "Go To Hell" haha..
Itu hanya salah ketik kok, sebab label ini masih baru dan baru akan dilaunching, yang benar adalah "Go To Heal".

Perhatikan tanggal expired / kadaluarsa di tutup box nya yaa!



Masker kefir berbeda dengan masker pada umumnya, sebab masker kefir mengandung ribuan mikroflora (bakteri baik) berjenis Lactobacillus, Lactococcus, Steptococcus, Yeast dan Acetobacter, oleh sebab itu cara pemakaian dan penyimpanannya pun berbeda dengan masker pada umumnya.


.
.

MACAM MASKER KEFIR

Semua varian masker kefir pada dasarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk detoks dari racun kimia kosmetik / skin care, bisa juga untuk mengeringkan jerawat.

Semua varian dapat digunakan untuk semua jenis kulit.

Varian masker kefir Go To Heal yang aku punya adalah Coco, Pure, Rioma dan Turfla.


.....

1. RIOMA

Masker kefir RI-O-MA merupakan singkatan dari Rice Oat Matcha.

Kandungan Rice yang memilii molekul lipid dapat menyempurnakan proses regenerasi sel-sel kulit. Rice juga mengandung vitamin B yang selalu ada dalam kandungan produk skincare pemutih kulit. Rice berfungsi untuk mencerahkan.

Kandungan Oat bagus untuk menormalisasi pH kulit dan juga menenangkan kulit yang iritasi.

Kandungan Matcha berfungsi sebagai antioksidan.


Ingredients: 

Grains Kefir, Cow Milk, Colostrum Cow Milk (premium), Goat Milk (premium), Oryza Sativa L. Organic, Avena Sativa, Camelia Sinensis, Apis Dorsata, Cocos Nucrifera Oil, Helianthus Annuus Seed Oil, Argania Spinosa Kernel Oil, Vitis Vinifera Seed Oil.




Tekstur masker kefir RIOMA agak kasar, seperti ada butiran scrub, mungkin dari salah satu kandungannya yaitu butiran RICE.

......

2. COCO

Masker kefir CO-CO merupakan singkatan dari Coffee Cacao.

Kandungan coffee bagus untuk exfoliation, mengangkat sel kulit mati, mengangkat komedo dan memudarkan flek hitam. 

Cocoa butter mengandung Omega 6 dan 9, vitamin E dan K, zinc, iron, dopamine, trytophan yang berfungsi sebagai antioksidan, sehingga membuat kulit lebih muda dan sehat.


Ingredients: 

Grains Kefir, Cow Milk, Colostrum Cow Milk (premium), Goat Milk (premium), Cow Milk, Coffea, Theobroma Cacao, Apis Dorsata, Cocos Nucrifera Oil, Helianthus Annuus Seed Oil, Argania Spinosa Kernel Oil, Vitis Vinifera Seed oil.





.....

3. TURFLA

Masker kefir TUR-FLA berasal dari kata Turmeric dan Flaxseed.

Turmeric sebagai anti inflamasi, bagus untuk mengatasi jerawat, menormalkan sebum / minyak berlebih, dan juga flek hitam.

Flaxseed berfungsi untuk melembabkan kulit, dapat mengatasi rosacea, eczema, kulit yang mudah alergi dan juga kulit yang terbakar matahari.

Jangan khawatir dengan warnanya yang kuning pekat ini, itu karena TURFLA mengandung kunyit.


Ingredients: 

Grains Kefir, Colostrum Cow Milk (premium), Goat Milk (premium), Cow Milk, Curcuma Longa, Linum Usitatissinum, Apis Dorsata, Cocos Nucrifera Oil, Helianthus Annuus Seed Oil, Argania Spinosa Kernel Oil, Vitis Vinifera Seed Oil.



Tekstur maskernya paling kental dibanding 3 varian lainnya.

.....

4. PURE

Masker kefir PURE murni merupakan fermentasi susu sapi murni dan kefir grain. Tidak diberi tambahan bahan apapun seperti 3 varian lainnya.


Ingredients: 

Grains Kefir, Cow Milk, Colostrum Cow Milk (premium), Goat Milk (premium), Cow Milk, Apis Dorsata, Cocos Nucrifera Oil, Helianthus Annuus Seed Oil, Argania Spinosa Kernel Oil, Vitis Vinifera Seed Oil



.
.

CARA PENYIMPANAN

1. Setelah paket tiba, cek terlebih dulu kondisi masker.
Jika masker terlihat mencair (teksturnya tidak padat), hal tersebut wajar sebab mikroflora sedang aktif berfermentasi jika lama di suhu ruangan.
Segera masukkan ke kulkas untuk "menidurkan" mikroflora yang aktif tersebut.

2. Terkadang plastik sachet menggembung / sobek.
Hal ini wajar sebab sebagai tanda bahwa mikroflora sedang aktif di suhu ruang dan ditandai dengan tekanan gas yang kuat sehingga mengakibatkan plastik sobek.
Segera masukkan ke kulkas!
Masker disimpan dan dibagi dalam beberapa sachet agar masker tidak terlalu sering terpapar udara luar dan sachet dapat langsung dibuang setelah dipakai.
Apabila masker terlalu sering terkena udara luar, maka masker kefir akan teroksidasi.

3. Tidak disarankan disimpan di freezer.
Bila kamu menyimpannya di freezer, masker akan awet sampai 6 bulan.
Namun, kekurangannya apabila kamu menyimpannya di freezer, kamu harus menunggu maskernya cair dulu, baru bisa dipakai. Lalu tekstur masker juga akan menjadi cair dan encer.

4. Simpan masker di chiller (tempat ideal untuk menyimpan masker kefir).
Chiller berada di bawah frezzer. Biasa untuk menyimpan daging atau sayur. Bila kulkasmu 2 pintu (atas bawah), biasa Chiller ada di kulkas bawah, posisinya di baris paling atas.
Simpanlah masker kefir di chiller agar tekstur masker tetap sama (tidak menjadi beku dan tidak encer) sehingga mudah digunakan kapanpun kamu mau.
.
.

Pakai Wadah / Sendok Plastik / Kaca

Gunakanlah wadah atau sendok yang terbuat dari plastik atau kaca.
Jangan gunakan wadah / sendok berbahan tembaga, seng, besi, atau logam lainnya karena zat asam yang terkandung pada masker kefir dapat mengkorosi bahan logam.

Sendok kecil yang tersedia dalam box / paket dapat membantumu mengira-ngira pemakaian masker.
Gunakan 1 sendok kecil untuk 1x pemakaian.

Jadi, 1 bungkus masker berisi 3 sachet.
1 sachet bisa digunakan hingga 2x pemakaian.
Kesimpulannya, 1 bungkus masker bisa digunakan hingga 6x pemakaian.


Untuk mengoleskan masker ke wajahmu, kamu bisa menggunakan kuas masker yang telah tersedia.
Namun kalau aku pribadi kurang suka tekstur kuasnya, sebab agak tajam ketika dioleskan di kulit. 

.
.

CARA PAKAI

1. Pastikan wajahmu telah bersih dari makeup dan debu dengan cara mencuci wajah terlebih dahulu. Gunakan air hangat untuk membasuh wajahmu agar pori-pori terbuka.
Keringkan wajahmu menggunakan handuk dengan cara ditepuk perlahan.

2. Ambil masker kefir 1 sendok kecil (dengan sendok plastik yang telah tersedia), kemudian tuang ke wadah plastik / kaca.

3. Oleskan masker kefir ke wajahmu (hindari area mulut dan mata), kemudian diamkan hingga 20-30 menit



4. Ketika masker kefir telah mengering dan wajahmu terasa "kencang", maka dapat kamu melihat masker kefir di wajahmu tampak menghilang.


5. Bersihkan wajahmu dengan sabun wajah dan bilas dengan air hangat.
Bilas hingga bersih agar tidak ada masker yang masih menempel.
Setelah itu, bilasan terakhir gunakan air dingin.
Lalu keringkan wajahmu menggunakan washlap bersih dengan cara ditepuk perlahan.


Lakukan detoks wajah ini 1x sehari secara teratur selama 10 hari berturut-turut untuk detoks dari racun kimia kosmetik atau skincare.
Untuk perawatan, bisa gunakan 3-4x seminggu atau 2-3x seminggu tergantung kebutuhan.
Bisa juga digunakan 2x sehari.

Selama perawatan menggunakan masker kefir, kamu boleh menggunakan daycream atau serum, namun TIDAK DISARANKAN menggunakan night cream terlebih dulu dan juga skincare yang racikan zat kimianya terlalu kuat.

.
.

MANFAAT UTAMA MASKER KEFIR

1. Mengeluarkan tumpukan racun kimia di dalam kulit akibat penggunaan berbagai macam cream yang mengandung bahan kimia yang berdampak panjang pada kesehatan kulit.
2. Membantu memutuskan siklus ketergantungan pada cream atau skincare racikan.
3. Meremajakan kulit dan meningkatkan kadar air dan collagen pada kulit.
4. Membantu mengurangi iritasi yang disebabkan oleh terkikisnya lapisan epidermis kulit akibat penggunaan cream yang mengandung logam berat seperti merkuri, hidroquinon, dll.
5. Mengatasi masalah jerawat yang disebabkan oleh menumpuknya lemak di bagian bawah lapisan kulit dan jerawat yang disebabkan oleh iritasi.

.
.

Beberapa Kemungkinan yang Timbul Saat Pemakaian Masker Kefir

1. Saat pemakaian masker, pada sebagian orang, akan terasa sensasi seperti gatal, kremet-kremet seolah seperti ada sesuatu yang berjalan. Itu tanda bahwa mikroflora sedang aktif bekerja melakukan detoks. Setelah masker dicuci bersih, sensasi ini akan hilang dengan sendirinya.

2. Saat pemakaian, ada 2 kemungkinan yang terjadi.
Pertama, terkadang kulit akan memerah seperti purging / iritasi. Ini artinya kulit wajahmu menyimpan sebum (minyak berlebih), racun kimia dari skin care / kosmetik, polusi. Purging menandakan bahwa kefir sedang berpenetrasi ke dalam kulit untuk memperbaiki lapisan bawah kulit untuk mengeluarkan racun-racun, membuang sebum berlebih, dll. Pada pemakaian ke-2, ke-3 dan seterusnya, purging / iritasi / kemerahan akan hilang dan tidak muncul lagi.
Kedua, kulit tidak mengalami purging. Ini artinya kondisi wajahmu tidak banyak menyimpan kotoran di bawah jaringan kulit.

Proses detoks setiap orang berbeda-beda, tergantung pada kondisi wajah dan riwayat pemakaian skincare selama ini.
Ada yang kurang dari seminggu hasil terlihat signifikan tanpa mengalami purging, ada yang purging sebentar, ada juga yang lama prosesnya.
Kalau aku sendiri, untungnya aku tidak mengalami purging :)

.
.

FACE SOAP
BAMBOO CHARCOAL

Aku suka sabun wajah Bamboo Charcoal ini sebab wanginya enak >.<

 Perhatikan tanggal kadaluarsa yang ada di sticker nya!

 Masih terbungkus plastik



Bila kamu tidak memiliki tempat untuk menyimpan sabun batang, kamu bisa menggunakan tempat sabun yang telah tersedia. Berdirikan sabun seperti gambar diatas agar mudah saat dipakai dan sabun juga tidak rusak / lembek akibat terendam air.

.
.

REVIEW
  • Masker kefir berbeda dengan masker pada umumnya yang bisa disimpan dikamar sekalipun. Masker kefir harus selalu disimpan di chiller agar tidak rusak. 
  • Jujur saja, aku kurang suka baunya sebab masker kefir merupakan fermentasi susu sapi murni, sehingga baunya basi.
  • Bahan yang terkandung pada masker ini organik / alami! Jadi tak perlu khawatir menggunakannya ya.. Bisa digunakan untuk semua jenis kulit baik berminyak maupun kulit kering.
  • Dari 4 varian Go To Heal, aku paling suka COCO sebab ada wangi kopinya. Pada dasarnya aku memang pecinta kopi haha^^
  • Sabun wajah Bamboo Charcoalnya juga aku suka, sebab membuat kulit terasa lebih kencang dan wanginya juga enak :)
  • 1 paket dengan 4 varian bisa digunakan untuk 24x pemakaian. Cukup untuk pemakaian 1-2 bulan.
  • Ada 4 varian, namun fungsinya sebenarnya sama yaitu untuk detoks kulit kita dari pemakaian skincare / zat kimia kosmetik yang menumpuk di kulit. Hanya saja, untuk varian selain PURE / Original, terdapat kandungan lain yang lebih bermanfaat untuk kulit.
  • Ketika akan menggunakan, aku takut akan mengalami purging, sebab selama ini aku selalu pakai krim dokter dan juga menggunakan makeup. Untungnya, kulitku sama sekali tidak mengalami purging ketika menggunakan masker kefir ini ^^ Sebelumnya, aku sempat khawatir, sebab kulit wajahku ini termasuk sensitif, apalagi ketika mencoba sesuatu yang baru biasanya pasti mengalami purging :(
  • Membuat kulit terasa lebih kencang, halus dan juga tampak cerah.

.
.

Choose LOI
(Lithana's Organic Ingredients)

Instagram : @Kefir.lithana

LINE : Choose.loi

WA : 0878 8464 2030 / 0896 8800 8867

Pengiriman : 
-JNE / JAKARTA : Senin - Kamis
- GOJEK : setiap hari berdasar perjanjian




THANK YOU